WIWIN DONGENG MANAGEMENT

Saturday, January 31, 2009

Internet Fever


Melalui media tulisan segala hal yang tadinya cuma bisa diketahui diri sendiri atau orang-orang dilingkup yang terbatas bisa diakses oleh semua orang. Orang bisa tahu keinginan-keinginan atau harapan-harapan terpendam yang coba untuk di bagi dan ditularkan kepada pembacanya. Sebuah tulisan kadang bisa jadi penyemangat atau inspirasi bagi orang lain yang stagnant dan butuh jalan keluar. Namun sebuah tulisan bisa juga jadi pisau tajam yang setiap saat dapat melukai, apalagi bila pisau tersebut bermata dua alias ambigu.
Sebuah tulisan untuk bisa dinikmati pembaca juga melewati perkembangan yang cukup cepat. Dahulu orang untuk menyampaikan maksud dan harapannya harus lewat forum tertentu atau media cetak, baik itu Koran atau majalah yang belum tentu bisa mengcover semua lantaran space yang terbatas. Pun hanya orang dengan kualifikasi tertentu saja yang mendapat porsi di media. Para pemula yang notabene mungkin memiliki potensi yang besar tidak pernah bisa naik kepermukaan karena sudah layu atau mati sebelum berkembang. Tidak pernah mendapat kesempatan yang seharusnya. Kini jaman sudah berubah, era computer dan internet melaju tak terbendung. Bak wabah dia menjangkiti siapa saja mulai dari anak-anak yang masih balita sampai dengan kakek-kakek dan nenek-nenek. Bahkan setiap saat semua orang bisa memanfaatkan sarana yang bernama internet untuk mengekspresikan diri. Ada fasilitas yang bernama blog, facebook, yahoo messenger dan lain-lainya yang bisa mengcover segala imajinasi dan ide-ide yang hendak kita telurkan. Semua bisa dilakukan dengan mudah dan yang terpenting seseorang tidak perlu harus memiliki kriteria tertentu untuk bisa berpartisipasi. Semua orang bisa dengan bebas mengekspresikan dirinya asalkan bertanggung jawab atas apa yang dilemparkan ke publik.
Begitu juga di keluargaku, aku dan istri kini berlomba-lomba untuk menjadi yang paling kreatif. Masing-masing dari kami memiliki blog, bahkan aku memiliki 4 blog yang berlainan tema. Selain itu kami aktif di facebook, yahoo messenger, skype dan lain-lain situs yang lagi trend saat ini. Setiap hari setiap saat kami jadi memeras otak untuk menjadi lebih baik dari hari ini, ratusan referensi yang bisa kami akses secara mudah telah aku simpan rapi di hardisk. Percaya atau tidak sekarang aku tidak perlu ngantor lagi setiap hari, income bisa aku tangguk hanya dengan duduk di depan computer. Sungguh suatu hal yang tidak pernah terpikirkan oleh umat manusia dua puluh tahun yang lalu. Kalau boleh menyesal, aku telah habiskan waktuku selama 19 tahun terakhir tanpa hasil yang maksimal. Kini aku, istri dan anakku berkolaborasi dalam pembuatan sebuah cerita bergambar, sebuah serial petualangan anak-anak. Aku tidak tahu nantinya akan di terbitkan secara cetak atau e-book. Nggak perlu dipikirkan saat ini yang penting ide-ide biarlah terus mengalir selanjutnya apa yang kita inginkan akan datang sendiri menghampiri.
Bagi sobat-sobat siapa saja yang kebetulan membaca celoteh ini, ayo jangan buang-buang waktu kalian manfaatkan dan maksimalkan apa saja yang kamu punya, apa saja yang kamu ingin realisasikan. Mumpung masih ada waktu mumpung masih ada kesempatan. Selamat mencoba.

No comments: