WIWIN DONGENG MANAGEMENT

Tuesday, February 17, 2009

Anda Computer Maniac? Hati-hati Karpal Sindrom mengancam tangan anda.




Bagi saudara-saudara yang kerjanya di depan computer mulai detik ini harus lebih berhati-hati. Apa pasal? Pasalnya adalah saudara-saudara punya kemungkinan terserang Karpal Sindrom atau istilah ngilmiahnya adalah Carpal Tunnel Syndrome atau Sindroma terowongan karpal, disingkat CTS. Penyakit apa lagi itu?

Karpal Syndrome adalah suatu gejala pada otot lengan yang ditimbulkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan berulang-ulang dalam jangka waktu yang lama.
Sindroma ini terjadi bila ada tekanan pada nervus medianus. (Merupakan syaraf gabungan, artinya berfungsi sebagai pembawa "rasa"/ sensorik dan juga sebagai penggerak.) Medianus mempersarafi ibu jari, jari telunjuk jari tengah , dan separuh jari manis.

Bagi saudara-saudara yang sehari-hari bekerja di depan computer harus mulai mewaspadainya. Gara-gara tikus (maksudnya mouse computer) anda bisa-bisa masuk rumah sakit dan tangan saudara di operasi. Wuadduh serem n ngeri banget nih … trus bagaimana dong cara mengatasinya? Caranya …, ya pergunakan mouse dengan baik dan benar. Ini jawaban serius lho Karena ternyata ada kiat-kiat khusus bagaimana memakai atau memegang mouse dengan baik dan benar. Cuma, itu bukan satu-satunya cara untuk menghindarkan diri dari sindrom kapal, eh karpal. Hal-hal yang patut dilakukan untuk mencegah sindrom ini antara lain adalah:

1. Istirahatkan tangan setelah aktifitas 15 hingga 20 menit.

2. Pergunakan pena atau mouse yang agak besar karena ini akan mengurangi tekanan.

3. Selalu upayakan bekerja dengan pergelangan tangan pada posisi lurus.

4. Cara duduk, jarak dengan computer dan lain-lain akan kami tampilkan dalam bentuk gambar (biar lebih mudeng kata orang Inggris).

Apa sih gejala-gejala awal dari Karpal Syndrome ini?

1. Tangan sering kesemutan

2. “Baal” pada ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah.

3. Sulit melakukan aktivitas seperti menggenggam, mengepalkan tangan dan terjadi lemah pada otot tangan sehingga apa saja yang kita pegang bisa terjatuh.

4. Yang lebih gawat lagi bila kita biarkan maka otot pada telapak tangan sisi ibu jari akan mengecil.

O iya, sindrom ini lebih sering menjangkiti kaum hawa atawa perempuan dengan perbandingan 3:1 dengan kaum adam.

Kalau anda memiliki keluhan-keluhan seperti di atas segeralah temui dokter yang anda percaya dan jangan sekali-sekali dibawa ke dukun cilik Ponari entar saudara terinjak-injak lautan massa yang hendak berobat. He he he … Siapa tahu anda sudah memasuki gejala-gejala awal Karpal Syndrome.




No comments: